VISI MISI YANG MEMBUMI
Materi ini
saya share khususnya untuk membantu para finalis Wirausaha Mandiri
ataupun kompetisi lainnya, agar gak GARING saat membuat Visi Misi.
Apa sih gunanya Visi dan Misi dituliskan? Kalo istilah cinta, sebetulnya tak perlu dituliskan, kecuali cintanya ke banyak orang. *ehh
Visi Misi itu sangat penting untuk ‘mengkomunikasikan’ arah, terutama
ketika perusahaan mulai besar dan memiliki tim yang besar pula. Ibarat
suatu kapal, para ABK akan menanyakan “Kapten, kita akan KEMANA nih?” →
TUJUAN akhirnya kemana? Kalo Anda sebagai kapten kapal tidak bisa
memberi jawaban yang membuat mereka WoW, maka mereka tak akan
TERMOTIVASI saat berlayar bersama Anda. Kedua, jika tujuan yang
ditetapkan tak masuk akal mereka, alias tak jelas bagaimana cara
mencapainya, maka mereka juga demotivasi.
Untuk itu Anda harus
MENALARKAN tujuan yang tinggi tersebut menjadi langkah-langkah HOW TO
mencapai tujuan tersebut. Itulah MISI.
Jadi VISI adalah tujuan jangka panjangnya, MISI adalah langkah-langkah mencapainya.. Gampang kan? Emang..!
Contohnya seperti di gambar..
Koq ada nilai-nilai (VALUE), apa lagi tuh? → Itu rambu-rambunya, agar tidak menghalalkan segala cara dalam mencapai tujuan..
Visi Misi sepertinya sepele, tapi jika seorang ‘kapten’ mampu menjelaskan dengan 'sexy', maka seluruh timnya akan bergairah..
Contoh Visi Misi Pribadi
VISI: Sebelum tua Kaya Raya, mati Masuk Surga.
MISI:
• Masuk pesantren penghapal Quran --> tentu diamalkan.
• Belajar internet marketing sambil sekolah di YEA.
• Buka usaha dan mencari mentor untuk akselerasi.
• Membuka panti asuhan & membimbing santri agar mandiri.
Satu tips jika Anda mau menang dalam perlombaan seperti WM: TAMPILAH BEDA dari yang lain. → Dalam konteks presentasi lho..
Tahun 2008, saya membantu 1 orang alumni ECamp ikut WM dan menang juara
3 (waktu itu hanya ada 3 juara). Kemudian di tahun 2009, saya diminta
tim UGM untuk membimbing 6 orang Finalis WM, alhamdulillaah 5 jadi
juara.
Lepas dari bagusnya bisnis Anda, tapi kalo gak bisa
mempresentasikan dengan bagus, ya kecil kemungkinan menangnya. Selain
urutan presentasi yang disoroti, penggunaan BAHASA yang MEMBUMI juga
penting. Simple, tapi jurinya paham..!
Misalnya: VISI, bisa
diganti dengan “Kemana arahnya..?” atau “Mau dibawa kemana..?” atau
“Seperti apa Yukbisnis 10 tahun kedepan..?”
Sedangkan kata
MISI, bisa diganti “Bagaimana CARA menuju kesana..?” atau “Apa
langkah-langkah yang harus ditempuh..?” → Lebih gampang, beda dan gak
GARING pastinya.
Tidak hanya juri, tim Anda juga akan lebih paham kalau pakai bahasa manusia kan..? Gak harus pake bahasa SMURF koq .
Serupa dengan Visi Misi, Company Profile juga bisa menggunakan
kata-kata yang ‘mengalir’ dan mudah dipahami, daripada terlalu kaku dan
umum.
Sekian, semoga para finalis yang baca materi ini jadi juara semua.. Aamiin..